Kamis, 06 Desember 2012

Sosro-Biologi



Dalam suatu hasil selalu ada suatu proses. Semua yang kita hasilkan pun ada prosesnya. Yang akan saya bahas hari ini adalah tentang pabrik Sosro. Sosro sekarang mempunyai 10 pabrik di Indonesia dan produknya telah tersebar di seluruh dunia. Kita sering mengenal sosro dengan the botol nya, meskipun banyak produk-produk sosro lainnya seperti fruit tea, tebs, dan lain-lain.Mari kita liat dalam pembuatan the botol sosro.
Pertama-tama, Sosro telah menghasilkan banyak produk seperti yang saya sebutkan tadi. Teh botol yang kita kenal sehari-hari telah diproduksi di berbagai pabrik di Indonesia, salah satunya berada di Mojokerto, yaitu yang saya dan teman-teman kami kunjungi. Tempat itu sangatlah besar, pabriknya sendiri itupun besarnya 2 hektar. Pabrik itu terdiri dari tempat-tempat pengolahan minuman, pengolahan limbah, tempat museum dan lain-lain.
Pertama-tama kita pergi ke museum, dimana informasi-informasi mengenai pabrik dan asal mulanya. Disana tertulis bagaimana the botol lahir, yaitu dari usaha kecil di Slawi, Jateng yang menjual the wangi dengan merk “teh cap botol”. Mereka juga menjelaskan bahwa Sosro datang dari nama pemiliknya, yaitu Bapak Sosrodjojo. Sekarang Sosro telah diberikan pada generasi ketiga Bapak Sosrodjojo.
Di pengolahan minuman, terjadi banyak proses, yang terpenting adalah bagaimana bisa jadi teh botol sosro. Pertama-tama, air minum yang bersih di saring dan dipanaskan. Hal ini dikarenakan air yang dipakai harus steril. Lalu teh yang terbaik didapatkan di tanaman terbaik itupun dicampur dan disseduh dengan air. Penyeduhan itu dilakukan di tangki dengan air baku sosro. Lalu teh cair pahit atau hasil itu dicampur lagi di tangki pencampuran dengan gula. Bahan-bahannya jadi hanyalah the wangi, air, dan gula pasir.
Didalam pabrik pembuatan teh botol tidak hanya itu yang terjadi, akan tetapi banyak hal seperti pencucian crat dan botol.Pencucian crat dan botol dilakukan dengan air bersuhu panas dan menggunakan mesin. Setelah dicuci pun terdapat mesin pengecek bakteri, bila botol masih kotor, botol akan dipisahkan dari yang bersih. Selain memakai mesin, terdapat juga orang yang mengecek kebersihan botol. Ini dilakukan untuk menjaga kesterilan botol. Pabrik Sosro selalu mengutamakan kesterilan dan mereka tidak menggunakan pemanis buatan, pengawet, dan pewarna.
Lalu juga ad tempat pengolahan limbah. Disini, limbah-limbah seperti teh yang gagal akan diolah menjadi air bersih. Air bersih inipun bisa digunakan untuk air tempat tinggal ikan. Untuk limbah-limbah yang padat pun bisa digunakan untuk pupuk dan juga untuk makan ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar